Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 87181
  • Online: 2
  • Hari ini: 100

Percepatan Pelaksanaan Penerapan dan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di Bantul

BERITA – Kamis, 26 Apr 2012 11:45 WIB

Menindaklanjuti SE Mendagri Nomor 100/1023/SJ tentang Percepatan Pelaksanaan Penerapan dan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di Daerah, Bagian Organisasi Setda Kab. Bantul menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan E-Costing Standar Pelayanan Minimal di Kab. Bantul. Dalam sambutannya, Bp. Sunarto selaku Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan menyampaikan bahwa pelaksanaan SPM di Kabupaten Bantul adalah komitmen Ibu Bupati yang harus kita laksanakan dengan semaksimal mungkin. Untuk itu tim Sekretariat Bersama SPM harus benar-benar bergerak dalam menindaklanjuti hal-hal yang terkait dengan pencapaian SPM. Dalam hal ini, Bagian Organisasi adalah sebagai penggeraknya sedangkan SKPD pengampu SPM yang melaksanakannya. SPM harus dilaksanakan, lebih cepat lebih baik. SPM di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan baik, ini terbukti dari banyaknya kabupaten lain yang ingin melaksanakan studi banding di Kabupaten Bantul.
Beberapa amanat SE Mendagri Nomor 100/1023/SJ :
1. Percepatan penerapan SPM merupakan   salah satu kebijakan prioritas nasional yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut dari Pemerintahan Daerah.
[Saat ini Pemerintah telah menetapkan 15 (lima belas) SPM untuk diterapkan pada pemerintahan daerah]
2. Bupati/Walikota agar melaporkan perkembangan pelaksanaan dan pencapaian SPM pada tahapan sosialisasi, penghitungan pembiayaan, dan penerapan SPM dalam perencanaan dan anggaran daerah serta kinerja pencapaian SPM.
Waktu pelaporan :
a) Laporan semester I merupakan hasil monitoring dan evaluasi disampaikan paling lambat pada bulan juni.
b) Laporan semester I merupakan hasil monitoring dan evaluasi disampaikan paling lambat pada bulan Desember.
c) Disamping, pemda harus menyampaikan laporan teknis tahunan kinerja penerapan dan pencapaian SPM kepada Menteri/Pimpinan LPNK.
3. Bupati/Walikota dalam rangka percepatan penerapan dan pencapaian SPM, diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Melaksanakan sosialisasi.
b) Membentuk Tim Percepatan Penerapan dan Pencapaian SPM.
c) Tim percepatan penerapan dan pencapaian SPM mempunyai tugas dan fungsi untuk mengkoordinasikan kepada seluruh SKPD terkait SPM.