Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 113381
  • Online: 1
  • Hari ini: 63

SOSIALISASI BATAS DAERAH KABUPATEN BANTUL DENGAN KABUPATEN KULONPROGO

BERITA – Selasa, 21 Mei 2013 14:47 WIB

Sungai adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air didalamnya, mulai dari hulu sampai muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan. Akibat aliran air dan aliran sedimen, bentuk sungai akan selalu berubah-ubah dan berbeda satu dengan yang lain. Klasifikasi secara umum dapat disebutkan adalah braided,anastomosing, meandering dan straight.  Pada daerah dataran yang rata, alur sungai tidak stabil dan apabila sungai mulai membelok maka terjadilah erosi pada tebing bagian luar belokan yang berlangsung sangat intensif. Meander semacam ini umumnya terjadi pada ruas-ruas sungai di dataran rendah dan apabila proses meander ini berlangsung terus, maka pada akhirnya terjadi sudetan alam pada dua belokan luar. Kabupaten Bantul teretak pada dataran yang relatif rata sehingga sungai-sungai diwilayah Kabupaten Bantul cenderung tidak stabil daerah aliran sungainya/bergeser-geser.
Diwilayah Kabupaten Bantul dilalui aliran sungai progo yang sebelum-sebelumnya dianggap masyarakat awan sebagai batas wilayah antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo sehingga dengan tidak stabilnya daerah aliran sungai progo tersebut menimbulkan banyak permasalahan diwilayah perbatasan. Dengan adanya hal tersebut maka terbitlah Perturan Menteri Dalam Negeri nomor 70 tahun 2007 tentang Batas Daerah Kabuapten Bantul dengan Kabupaten Kulonprogo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi dengan adanya peraturan tersebut batas daerah ditentukan bukan dari daerah aliran sungai tersebut melainkan dengan patok batas daerah dan titik koordinat sehingga ketika patok itu hilang tergerus oleh aliran sungai maka titik koordinat bisa di pakai patokan penentuan titik batas daerah.
Dengan adanya permasalahan-permasalahan yang terus berkembang di wilayah perbatasan tersebut maka pada hari selasa tanggal 21 Mei 2013 di Balai Desa Argodadi Kecamatan Sedayu diselenggarakan “Sosialisasi Batas Daerah Kabuapten Bantul dengan Kabupaten Kulonprogo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” dengan nara sumber bapak Muhammad Alboneh, ST, MT dari BBWS Serayu Opak dan bapak Maryanto, SH Kepala Bagian Pemerintahan Umum Biro Tata Pemerintahan DIY