Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 125855
  • Online: 1
  • Hari ini: 154

Bantul Meluncurkan “PATEN”

BERITA – Selasa, 13 Agt 2013 10:57 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Program baru yang ada di 17 kecamatan se-Bantul ini dimaksudkan untuk mempermudah serta mendekatkan warganya dalam mengurus surat-surat dan administrasi.

Launching PATEN dilakukan Wakil Bupati Bantul, Sumarno, didampingi Kabag Organisasi, Isa Budi Hartomo di Kecamatan Imogiri, Rabu (31/7).

Program ini sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 221/2013 dalam Pedoman Pelayanan Administrasi Kecamatan, pelayanan publik mulai dari permohonan sampai penerbitan dokumen hendaknya dilakukan dalam satu pintu.
Program ini, kata Wabup Bantul, untuk menepis anggapan bahwa pengurusan administrasi di kantor kecamatan itu sulit. Berdasarkan hasil survei, masih banyak masyarakat yang merasa kesulitan mengurus administrasi di kecamatan harus berurusan dengan banyak meja.

“Namun sekarang, dengan Paten pengurusan administrasi lebih mudah karena dalam mengurus apapun, warga tinggal datang ke kecamatan untuk kemudian menumpuk berkas keperluan yang diinginkan. Kalau bisa ditunggu, ya, ditunggu, kalau tidak petugas akan memberikan informasi pengurusan administrasi tersebut sampai berapa lama,” katanya.

Jadi warga tidak harus jalan kemana-mana mengurus administrasi di kelurahan karena ada pelayanan standby dan sudah diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).


Sementara Camat Imogiri, Saroyo Heriyanto menambahkan pelatihan personil kecamatan berlangsung 26-30 Juli lalu. Saroyo menambahkan dalam sehari, permintaan pengurusan administrasi normalnya antara 75-100 pemohon. Saat mendekati Lebaran seperti saat ini pemohon KTP, SKCK, bahkan rekam e-KTP bagi warga imogiri yang merantau juga banyak peminat.