Berita

Workshop Perizinan Bagi Distributor Untuk Pengembangan Usaha Perdagangan

Selasa Legi, 25 Juni 2019 12:30 WIB   Bagian Administrasi Perekonomian 64

foto

Kegiatan Workshop Perizinan Bagi Distributor Untuk Pengembangan Usaha Perdagangan Tahun Anggaran 2019, diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kabupaten Bantul dan bertempat di Tembi Rumah Budaya ini diikuti peserta yang merupakan distributor bahan pokok dan barang penting yang ada di Kabupaten Bantul. (19/6)

Workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pelaku usaha, khususnya distributor bahan pokok dan barang penting, akan urgensi legalitas perizinan demi keberlangsungan dan pengembangan kegiatan usaha ini menghadirkan narasumber antara lain Yanto Aprianto, SH dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bantul Ir. Sri Muryuwantini, MM dan praktisi yang merupakan distributor beras yaitu Arif Yuniarto Kurniawan pemilik dari UD. Sri Rahayu Pandak.

Dalam testimoniya, Arif mengatakan memiliki perizinan usaha yang lengkap sangat membantu dalam pengembangan usaha. Selain itu juga memberikan ketenangan dalam berusaha. Diakui bahwa masih banyak perusahaan yang belum memiliki izin berusaha. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu : belum adanya tenaga admninistrasi, ketakutan akan pembayaran pajak dan belum terbiasanya membuat laporan tentang stok barang. Pada saat ini para pengusaha dimudahkan dalam pengurusan perizinan berusaha dengan adanya sistem OSS. Namun masih perlu adanya bimbingan dan pembinaan dari dinas terkait dikarenakan tidak semua pengusaha akrab dengan internet dan masih terdapat kendala-kendala dalam pendaftaran perizinan melalui sistem OSS tersebut. Disampaikan juga kepada dinas terkait bahwa harus adanya prinsip keadilan dalam menegakkan peraturan antara pengusaha yang telah memiliki izin usaha dengan pengusaha yang belum memiliki izin usaha. Pengusaha yang telah memiliki izin berusaha terus dituntut untuk melaksanakan kewajiban-kewajibannya dan jika lalai akan dikenakan sanksi, sementara itu belum dilakukan kepada pengusaha yang belum memiliki izin usaha .

 

-adm-

 

 


Pengunjung
  • Pengunjung: 33483
  • Online: 4
  • Hari ini: 108