Berita

Pemantauan Ketersediaan dan Keamanan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H

Kamis Legi, 25 Juli 2019 10:42 WIB   Bagian Administrasi Perekonomian 93

foto

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440H, Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY melakukan Pemantauan Ketersediaan dan Keamanan Hewan Kurban supaya harga hewan kurban tetap stabil dan tentunya aman dikonsumsi oleh masyarakat. Pada kesempatan kali ini, TPID Pemda DIY bersama TPID Kabupaten Bantul melakukan pemantauan di Peternakan Sangidun yang berlokasi di Dukuh, Guwosari, Pajangan dan Peternakan Wardiyono di Segoroyoso, Pleret.(23/7)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang mewakili Bupati Bantul dalam sambutannya mengatakan bahwa pemantauan ini sangat penting karena sebagai sarana untuk memberikan informasi ke masyarakat bahwa ketersediaan hewan kurban mencukupi dan kesehatan hewan kurban yang terjamin dari zoonosis yang beberapa waktu lalu sempat membuat masyarakat agak khawatir.

Dari pemantauan tersebut dperoleh informasi bahwa di Idul Adha setiap tahunnya, 2103 titik pemotongan di Kabupaten Bantul membutuhkan hewan kurban kurang lebih 20 ribu, yang terdiri dari 6 ribu sapi dan 14 ribu kambing dan domba.  

Terkait dengan kesehatan hewan kurban, demi meyakinkan masyarakat bahwa di Kabupaten Bantul tidak ada zoonosis, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan akan melakukan sosialisasi melalui acara seperti Sobo Deso, Wedang Ronde, dan Taman Paseban yang akan ditayangkan tanggal 6 Agustus 2019 di TVRI Jogja. Serta ada acara Gelar Potensi Peternakan dan Kontes Ternak di Pasar Hewan Imogiri  pada tanggal 24 Juli 2019.

-adm-


Pengunjung
  • Pengunjung: 18483
  • Online: 7
  • Hari ini: 39