Berita

Pemantauan Harga dan Stok Komoditas oleh TPID Kabupaten Bantul

Rabu Pahing, 22 Januari 2020 13:18 WIB   Bagian Administrasi Perekonomian 50

foto
Pemantauan di Pasar Pleret

Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Bantul melakukan pemantauan harga dan stok komoditas strategis pemantauan harga dan stok komoditas strategis ke Pasar Pleret dan Pasar Ngipik, sekaligus sosialisasi mengenai gula rafinasi yang dilarang untuk diperjualbelikan secara umum.

Dari pemantauan, didapatkan informasi mengenai hargatelur ayam mengalami penurunan harga dari Rp. 23.000,00/kg menjadi Rp. 21.000,00/kg. Harga bawang merah Rp. 22.000,00/kg, harga tersebut turun dari bulan Desember 2019 saat adanya moment liburan akhir tahun dan Hari Raya Natal. Rata-rata harga stabil dari minggu sebelumnya.

Saat tim dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan melakukan pemantauan daging di Pasar Pleret ditemukan 1 pedagang yang menjual ayam tiren yang sudah berbau dalam jumlah agak banyak, sehingga langsung dilakukan peneguran oleh Polres Bantul selaku Satgas Pangan dan daging diambil sebagai barang bukti dan sample untuk diteliti lebih lanjut. Selain itu, di Pasar Ngipik juga ditemukan penjual daging ayam tiren.

Dinas Perdagangan juga menemukan ada 1 penjual di Pasar Pleret. yang menjual gula pasir yang dioplos dengan gula rafinasi. Di Pasar Ngipik tidak ditemukan penjual gula yang dioplos dengan rafinasi.