Berita

Pemantauan Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441H Bersama TPID DIY

Selasa Pon, 21 Juli 2020 14:27 WIB   Bagian Administrasi Perekonomian 61

foto

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bantul bersama TPID DIY melakukan Pemantauan Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441H ke RPH Segoroyoso Kecamatan Pleret. (21/7).

 

Tujuan dari pemantauan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah DIY adalah dalam rangka memonitor kesiapan RPH dalam menghadapi hari Raya Idhul Adha. Diperoleh informasi bahwa meskipun saat ini pandemi Covid 19 namun permintaan hewan kurban tahun ini masih sama dengan tahun lalu dan tidak ada penurunan.

Namun kapasitas RPH masih sangat terbatas yang hanya mampu menyembelih 10-15 ekor sapi perhari. Dengan monitoring ini ke depan akan dilakukan relokasi RPH ke tempat yang lebih memadahi dan dengan kehadiran TPID DIY diharapkan akan mempercepat proses relokasi RPH sehinga bisa mengakomodir penyembelihan hewan di RPH.

 

TPID DIY sangat mendukung relokasi RPH ke tempat yang baru dan berharap dengan tempat yang lebih luas sehingga pemenuhan daging hewan yang lebih sehat dan masyarakat yang membutuhkan dapat memanfaatkan pemotongan di RPH.

Terkait proses penyembelihan hewan kurban saat pandemi ini sangat diperlukan edukasi kepada masyarakat yang tidak bisa menyembelih di RPH untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. 

-adm-