Berita

Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul

Jumat Legi, 28 Agustus 2020 13:33 WIB   Bagian Pengadaan Barang dan Jasa 442

foto

Bantul (26 Agustus 2020). Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan simulasi mitigasi bencana gempa bumi yang di ikuti oleh seluruh pegawai Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa. Simulasi ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan para pegawai di lingkungan Kantor Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana gempa bumi. 

Tahapan ketika terjadi gempa bumi, hal pertama yang dilakukan adalah jangan panik. Segera mencari perlindungan seperti masuk dalam kolong meja serta melindungi kepala dengan tangan. Kemudian ketika petugas keselamatan memberikan instruksi keluar gedung, ikuti instruksi tersebut dengan tetap melindingi kepala baik menggunakan tangan atau benda di sekitar. Jangan lupa selalu menghafalkan denah evakuasi yang ada dan patuhi jalur rambu – rambu evakuasi untuk menuju ke titik kumpul. Jika sedang berada di lantai atas dan memungkinkan untuk menuruni tangga, jagalah keseimbangan agar tidak terjatuh ketika menuruni tangga. Demikian sekilas beberapa tahapan yang sekiranya dapat membantu ketika terjadi gempa bumi.

Dengan diadakannnya simulasi evakuasi bencana gempa bumi, para pegawai Kantor Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa  diharapkan tidak panik saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus (erupsi), atau banjir.