Berita

Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi Belanja Langsung Pengadaan (Bela Pengadaan) untuk UKM di Kabupaten Bantul

Rabu Kliwon, 14 April 2021 19:09 WIB   Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa 72

foto
Pada hari Senin (5/4) Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi Belanja Langsung Pengadaan (Bela Pengadaan) untuk UKM di Kabupaten Bantul di Gedung Induk, Komplek Parasamya.
 
Kegiatan tersebut diselenggarakan guna menindaklanjuti Surat Edaran dari LKPP / Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah RI nomor 21 tahun 2020 tentang Pengadaan Langsung untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil melalui Aplikasi Bela Pengadaan. ⁣
 
BELA (Belanja Langsung) PENGADAAN merupakan program untuk mendukung Program UMK GoDigital melalui proses belanja langsung yang bernilai paling tinggi 50 juta rupiah kepada UMK yang tergabung dalam Marketplace. Bela Pengadaan merupakan aplikasi belanja online yang di buat oleh LKPP bekerjasama dengan mitra marketplace antara lain Bukalapak, Shopee, Bhinneka Blibli, Grab, Gojek.⁣
Segmentasi pembeli pada aplikasi Bela Pengadaan adalah Kementrian, Lembaga⁣ dan Pemerintah Daerah se Indonesia.⁣
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemanfaatan Aplikasi Bela Pengadaan merupakan bentuk dukungan nyata kepada UKM untuk menciptakan ketersediaan peluang pasar dan iklim usaha yang sehat apalagi dalam situasi pandemi saat ini.⁣
Untuk itu, kepada jajaran OPD Bupati Bantul meminta agar proses pengadaan dengan menggunakan aplikasi bela pengadaan dapat dipercepat. ⁣
“ Lakukan sosialisasi lewat berbagai kanal dan lakukan pendampingan kepada para pelaku UKM sehingga dapat segera memanfaatkan Aplikasi Bela Pengadaan dalam menunjang dan meningkatkan hasil usaha, " kata Bupati Bantul.⁣
Selanjutnya kepada para pelaku UKM Bupati mengajak untuk memanfaatkan peluang keberadaan aplikasi Bela Pengadaan dengan sebaik baiknya.
Bupati Bantul juga berharap melalui Aplikasi Bela Pengadaan para pelaku UKM di Bantul nantinya akan mampu mengembangkan usahanya, baik dari segi kuantitas produksi, kualitas produksi maupun sasaran pemasaran.
Source:Humpro