Kegiatan

Bagian Kesejahteraan Rakyat 


Safari Tarawih 2022

Safari tarawih di Masjid Al-Hidayah Paker Mulyodadi Bambanglipuro Bantul (15/04/2022)

              Bagi pemerintah Kabupaten Bantul, bulan suci Ramadhan bisa menjadi salah satu jembatan untuk menyapa warga Bantul sekaligus sebagai bukti kepekaan dan kedekaan pemerintah Kabupaten Bantul dengan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini karena dibulan suci Ramadhan pelaksanaan ibadah banyak yang bersifat kolektif, misalnya kegiatan buka puasa bersama atau shalat tarawih sehingga memudahkan untuk berkomunikasi secara lebih masif, efektif dan efisien.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah kabupaten Bantul tahun ini juga memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk lebih dekat dengan masyarakat, salah satunya yaitu melalui kegiatan safari tarawih yang dilaksanakan di berbagai masjid yang tersebar di 17 Kapanewon di kabupaten Bantul. Acara safari tarawih diawali dengan melaksanakan sholat isya' berjamaah kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan sholat tarawih, dan diakhiri dengan acara ramah tamah dengan Bupati/Wakil Bupati Bantul dengan seluruh jamaah masjid.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah kabupaten Bantul melalui Basnaz juga memberikan bantuan berupa uang tunai dan beberapa bingkisan kepada pihak masjid dan beberapa jamaahnya                                                                                                                                                                                                                

 


 

Pemberdayaan Kaum Rois Tahun 2022

      Pemerintah kabupaten Bantul, pada bulan maret 2022 memberikan santunan baik berupa uang ataupun bingkisan kepada 2.500 kaum Rois yang tersebar di 17 kecamatan,  hal ini merupakan upaya pemerintah kabupten Bantul untuk meningkatkan kesejahteraan tokoh masyarakat tersebut sebagai bentuk perhatian dan penghargaan atas pengorbanan yang telah dilakukan untuk masyarakat sekitar dan kabupaten Bantul

       Pembinaan dan Pemberdayaan Kaum Rois merupakan sesuatu yang penting ditengah-tengah kondisi masyarakat yang semakin komplek. Kaum Rois memegang peranan penting dalam menjadi penengah jika didalam masyarakat terjadi konflik horizontal. Kaum Rois juga berperan dalam mewujudkan kerukunan dan ketentraman masyarakat. Kaum Rois merupakan ujung tombak kegiatan sosial dan keagamaan di masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Kaum Rois harus mencerdaskan Agama dan Nasionalisme. Potensi-potensi perbedaan banyak yang dapat menyebabkan permasalahan, namun kita harus pandai-pandai menyikapinya.