Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Dalam Rangka Sinergitas Pelaku Usaha Pertanian untuk Menjaga Ketahanan Pangan

Bagian PPSDA Setda Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Dalam Rangka Sinergitas Pelaku Usaha Pertanian untuk Menjaga Ketahanan Pangan, bertempat di Mandhala Sabha Pracima, Senin, 24 Juni 2024.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian PPSDA Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Fauzan Mu’arifin. Narasumber pertama yang dihadirkna berasal dari Perum Bulog Divre DIY, Fansuri Perbatasari yang menyampaikan materi mengenai Proses Penerimaan, Perawatan dan Pengeluaran Gabah/Beras Cadangan Pemerintah di Gudang Bulog. Disampaikan bahwa Peran Bulog dalam pengelolaan pangan adalah menegakkan tiga pilar ketahanan pangan yaitu Pilar Ketersediaan , Pilar Keterjangkauan, Pilar Stabilitas.

Narasumber kedua dari Dinas Perdagangan Pemda DIY,  Sabar Santoso, STP yang menyampaikan materi mengenai Sistem Kewaspadaan Pangan. Disampaikan bahwa Salah satu komponen yang menentukan ketersediaan pangan adalah cadangan pangan. Cadangan pangan daerah terdiri dari cadangan pangan pemerintah dan cadangan pangan masyarakat.

Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan Gapoktan se-Kabupaten Bantul. Dari kegiatan ini diharapkan sinergitas antara OPD dengan Pelaku Usaha Pertanian  semakin terjaga dan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bantul khususnya.

-adm-