Monitoring Evaluasi TPID Bantul Jelang Idul Adha 1443 H

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Monitoring Evaluasi TPID Bantul bersama TPID DIY menjelang hari raya Idul Adha 1443 H di Mandhala Sabha Madya Kompleks Parasamya Kabupaten Bantul. (Kamis, 23/6/22).

Peyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah di tahun membuat banyak hewan ternak di Bantul khususnya sapi terkena penyakit tersebut. Walaupun memang ada sedikit kendala dalam penyediaannya karena dibutuhkan perlakuan khusus baik pada sap yang sudah terkena PMK maupun belum. Namun Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan ketersediaan hewan kurban Idul adha 1443 H kali ini relatif aman. Pemerintah Kabupaten Bantul bekerjasama dengan peternak, jagal serta pedagang sapi lokal di Bantul untuk mengupayakan dan mengoptimalkan kesehatan dan pemulihan sapi yang terkena PMK. 

Selain tersedia dari peternak lokal, sapi juga akan didatangkan dari Bali dan Jawa Tengah. Namun, sapi-sapi yang masuk ini juga tidak serta merta bisa bebas masuk ke DIY. Setiap hewan kurban yang masuk harus mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Balai Besar Veteriner. Tidak hanya hewan kurban yang dari luar yang harus mengantongi SKKH, namun hewan dari peternak lokal pun harus benar-benar sehat dan mengantongi surat tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Ibu Yuna Pancawati S.E, M.Si menyampaikan bahwa inflasi di DIY sampai dengan bulan Mei 2022 sebesar 4.38%. Inflasi ini lebih tinggi dari sasaran yang ditetapkan yaitu yang sebesar 3+-1%. Sumber inflasi ini diantaranya yaitu dari cuti bersama, kenaikan pakan ternak. Inflasi DIY di tahun 2022 cukup berat karena adanya kenaikan tiket pesawat terbang, kenaikan harga energi sebagai akibat dari geopolitik. Perekonomian DIY sedang merangkak naik oleh karena itu kita harus tetap waspada dan mengendalikan harga-harga serta menjaga ketersediaan stok bahan pangan pokok. Kabupaten Bantul sudah memiliki SRG oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi kerja sama antar daerahnya. Namun, dipastikan untuk ketersediaan bahan pokok sendiri aman dan mencukupi.

-adm-