Pemantauan Harga dan Stok Bahan Pokok di Pasar Dlingo Bantul

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam yang merupakan sekretariat TPID Kabupaten Bantul yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyelenggarakan kegiatan Pemantauan Harga dan Stok Bahan Pokok di Pasar Dlingo, Bantul. (Selasa, 13/9/22)

Pasar Dlingo kali ini dipilih menjadi tujuan dalam kegiatan pemantauan rutin TPID Kabupaten Bantul. Lahan di daerah Dlingo banyak yang tandus, hasil pertaniannya sedikit yang membuat banyak pedagang di Pasar Dlingo yang mengambil dagangan (kulakan) di Pasar Imogiri. Jumlah SPBU di Dlingo juga sedikit. Kenaikan BBM yang terjadi awal bulan September ini juga menjadi salah satu alasan TPID Kabupaten Bantul memilih Pasar Dlingo selain ingin mengetahui bagaimana dampak kenaikan BBM di pasar, obyek wisata ataupun daerah yang jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bantul.

Dari pemantauan, didapatkan informasi harga bahan pangan di Pasar Dlingo relatif stabil dan ketersediaan cukup aman. Meskipun untuk komoditas daging sapi dan ikan jarang ada yang menjual karena sepi peminat, dan jika ada yang membutuhkan pun harus pesan terlebih dahulu. 

Menurut pengelola kawasan wisata Puncak Becici, kunjungan wisatawan ke Puncak Becici pun masih ramai, belum ada penurunan pengunjung sebagai dampak dari kenaikan BBM.

-adm-