Pemantauan Ketersediaan Hewan Qurban Menjelang HBKN Idul Adha 1444 H

Tim TPID DIY berkolaborasi dengan Tim TPID Kabupaten Bantul melaksanakan Pemantauan Ketersediaan Hewan Qurban Menjelang HBKN Idul Adha 1444 H di Pasar Hewan Imogiri, Bantul. (14/6) 

Tim TPID DIY dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan Tim TPID Kabupaten Bantul dipimpin oleh Kepala Dinas KUKMPP Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Agus Sulistiyana, MM didampingi dengan Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan dan SDA Setda Bantul.

Dari pemantauan tersebut didapatkan informasi bahwa penyakit hewan yang sempat melanda beberapa waktu yang lalu seperti LCD (lato-lato) di Kabupaten Bantul sudah terkendali. Hewan yang ada di pasar dalam kondisi sehat dan akan ada surat keterangan sehat yang diberikan dari Puskeswan.

Ketersediaan hewan qurban di Kabupaten Bantul baik sapi, kambing, dan domba mengalami kenaikan sekitar 10% dari tahun sebelumnya yaitu menjadi 14.000 ekor. Untuk ketersediaan sapi sekitar 7.300 ekor sedangkan Kambing dan Domba sekitar 6.700 ekor. Harga hewan qurban pun mengalami kenaikan meskipun sedikit. Harga sapi naik sekitar Rp 3 juta - Rp 5 juta per ekornya sedangkan kambing dan domba naik sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000 per ekornya. Jumlah hewan qurban tersebut mencukupi dan siap menghadapi HBKN Idul Adha 1444 H.

-adm-