Pemantauan Stok dan Harga Bahan Pokok Penting Menjelang Idul Fitri 1444 H

Tim TPID DIY berkolaborasi dengan Tim TPID Kabupaten Bantul melaksanakan Pemantauan Stok dan Harga Bahan Pokok Penting Menjelang Idul Fitri 1444 H di CV. Setiawan Jaya, Bantul yang merupakan distributor minyak goreng. (6/4) 

Tim TPID DIY dipimpin oleh Kepala Bagian Stabilitas Perekonomian Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Yustin Dhamayanti. Sedangkan Tim TPID Kabupaten Bantul dipimpin oleh Kepala Dinas KUKMPP Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Agus Sulistiyana, MM.

CV. Setiawan Jaya ini merupakan distributor minyak goreng kita (Minyak Kita), Minyak Goreng Hemart, dan Minyak Goreng Fitri. Pemilik distributor minyak goreng ini menjelaskan bahwa stok ketiga minyak goreng tersebut ada dan aman serta tidak ada kendala pasokan dari pabrik hingga ke distributor. Hanya saja, ada kecenderungan dari masyarakat untuk beralih ke minyak goreng kita yang lebih murah sehingga minyak goreng yang lain peminatnya berkurang. Sedangkan untuk harga minyak goreng sendiri cenderung stabil. CV. Setiawan Jaya ini menyalurkan minyak goreng ke Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta dengan rata-rata penyaluran per hari adalah 17 ton. 

Kepala Dinas Koperasi UKM Perinduastrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Drs. Agus Sulistyana, MM menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan di distributor-distributor akan dilakukan secara kontinyu sehingga pemerintah mengetahui perkembangan stok dan harga bahan pokok untuk masyarakat. Beliau juga mengatakan untuk segera melakukan koordinasi dengan pabrik/produsen apabila stok ditingkat distributor sudah menipis sehingga tidak terjadi kelangkaan. 

Koordinator Bagian Perekonomian Biro Administrasi dan SDA DIY menghimbau kepada masyarakat untuk membeli bahan pokok dan penting sesuai dengan kebutuhan karena stok aman, melimpah sehingga tidak perlu khawatir.

-adm-