Pemantauan Stok Pangan Oleh TPID DIY dan TPID Bantul

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah DIY, Drs. Tri Saktiyana yang didampingi Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah DIY Yuna Pancawati SE.,M.Si memantau ketersediaan sembako di distributor pasar modern Alfa Midi di Gedhong Kuning Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Rabu (6/4)

Menurut Drs. Tri Saktiyana, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan beberapa waktu lalu di tingkat pasar tradisional dan di tingkat distributor di Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kulon Progo, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, secara umum ketersediaan beras, gula pasir, dan terigu selama bulan Ramadhan cukup dan aman. Sementara itu, kebutuhan minyak goreng kemasan, terpantau saat ini di tingkat distributor pasar modern di DIY, sudah tersedia 30% sampai 40% dan sejak dihapuskannya HET pasokan mulai lancar. Namun, minyak goreng curah masih sulit ditemukan. 


Mengenai upaya Pemda DIY untuk menjamin pasokan minyak goreng curah, Tri Saktiyana menyatakan DIY sangat tergantung dari pada daerah lain karena tidak ada pabrik minyak goreng dan kebun kelapa sawit. Untuk itu, kata kunci untuk mencukupi kebutuhan minyak goreng di DIY adalah koordinasi daerah yang intensif antara Pemerintah Daerah DIY dengan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.


Brand Manager Alfa Midi Kantor Cabang Jawa Tengah-DIY, Widodo didampingi Manajemen Alfa Midi mengatakan, Alfa Midi yang bergerak di bidang distribusi bahan makanan untuk supermarket/pasar modern, kini siap membantu pemerintah dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. HET adalah hal mendasar yang diterapkan Alfa Midi. Misalnya, minyak goreng Bimoli kemasan 2 liter dijual seharga Rp 50.000. Sedangkan gula pasir dijual seharga Rp 13.5000.00/kg. Alfa Midi akan memastikan pasokan makanan melalui distributor mitra terdekat. suplai  minyak goreng di DIY per harinya, Widodo mengatakan berada di kisaran 2.000 karton. Sementara, jumah kebutuhan berkisar pada angka 6.000 karton per hari. Pihaknya akan terus mengusahakan stok untuk terus terpenuhi.  Saat ini fokus penyediaan  sembako kami di bulan Ramadhan dan jelang hari Raya Idul Fitri adalah ketersediaan beras, gula pasir, terigu, minyak goreng, dan stok tidak boleh terputus.