Pembinaan Badan Usaha Kredit Pedesaan (Bukp) Kabupaten Bantul Triwulan I Tahun 2023

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Pembinaan BUKP Kabupaten Bantul Triwulan I Tahun 2023, bertempat di Mandala Sabha Pracima. Rabu  (15/03/23). 

Kegiatan Pembinaan BUKP Triwulan I ini dibuka secara resmi oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelompok Substansi Perekonomian Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Disampaikan bahwa maksud dan tujuan pembinaan kali ini adalah untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan BUKP utamanya kepala BUKP se-Kabupaten Bantul. 

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari Tim Pembina Teknis BUKP DIY. Dalam evaluasi yang disampaikan, NPL BUKP yoy cukup bervariasi, ada yang meningkat dan menurun. Hal tersebut wajar karena tahun 2022 masih dalam masa transisi dari pandemi ke endemi covid-19 yang membuat angsuran nasabah agak kurang lancar. Tim Pembina BUKP DIY juga mengingatkan tentang kontrol dan pengawasan dalam administrasi perkreditan supaya tertata dengan baik dan sesuai prosedur. 

Dengan adanya pembinaan BUKP ini diharapkan BUKP dapat mengelola tingkat bunga dengan

baik sehingga dapat bersaing di pasaran dan dapat mengelola risiko-risiko yang mungkin

terjadi, baik berupa risiko likuiditas, risiko operasional, risiko strategik sehingga kinerja BUKP

meningkat.

-adm-