Pembinaan Badan Usaha Kredit Pedesaan (BUKP) Kabupaten Bantul Triwulan II Tahun 2023

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Pembinaan BUKP Kabupaten Bantul Triwulan I Tahun 2023, bertempat di Mandala Sabha Pracima. Rabu  (20/06/23).

Kegiatan Pembinaan BUKP Triwulan II ini dibuka secara resmi oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelompok Substansi Perekonomian Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Pembinaan kali ini adalah untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan BUKP utamanya kepala BUKP se-Kabupaten Bantul. 

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari Tim Pembina Teknis BUKP DIY. Pada materinya dipaparkan mengenai penilaian agunan dan maksimum kredit yang bisa diberikan berdasarkan jenis barang agunan dan nilai likuidasinya. Dalam evaluasinya, NPL BUKP YOY cukup bervariasi, ada yang meningkat dan menurun. Hal tersebut wajar karena tahun 2022 dan 2023 masih dalam masa transisi dari pandemi ke endemi covid-19 yang membuat angsuran nasabah agak kurang lancar. Tim Pembina BUKP DIY juga mengingatkan tentang transaksi dan pembukuan, narasumber menyarankan supaya slip transaksi yang baru agar segera digunakan dan pembukuan harus diberikan keterangan yang sejelas-jelasnya supaya tidak menimbulkan kebingungan bagi pemeriksa. 

Dari pembinaan BUKP ini diharapkan BUKP Kabupaten Bantul mampu lebih meningkatkan kinerjanya sehingga dapat bersaing dengan lembaga keuangan yang lain dan dapat mengelola beberapa risiko yang mungkin terjadi.

-adm-