PEMBINAAN BADAN USAHA KREDIT PEDESAAN (BUKP) KABUPATEN BANTUL TRIWULAN III TAHUN 2022

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Pembinaan BUKP Kabupaten Bantul Triwulan III Tahun 2023. Selasa (19/09/23). 

Kegiatan Pembinaan BUKP Triwulan III ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Disampaikan bahwa maksud dan tujuan pembinaan kali ini adalah untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan BUKP utamanya kepala BUKP se-Kabupaten Bantul. 

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari PT. BPD DIY selaku Tim Pembina Teknis BUKP DIY dan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY. Dalam pembinaan kali ini, oleh perwakilan dari PT. BPD DIY dilakukan penyerahan QRIS BUKP se-Kabupaten Bantul untuk mempermudah transaksi nasabah dan dilakukan sosialisasi terkait Agen Laku Pandai BPD DIY agar unit bisnis BUKP semakin berkembang. 

Narasumber BPKA DIY menyampaikan PERGUB Daerah lstimewa Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2013 tentang Sistem dan Prosedur Kepegawaian Badan Usaha Kredit Pedesaan terkait hal tersebut maka dipaparkan tentang permasalahan/ kelemahan BUKP Bantul, yaitu pengelolaan kredit, pengelolaan dana pihak ketiga dan pengelolaan sumber daya manusia yang masih kurang tertib administrasi.

Dengan adanya pembinaan BUKP ini diharapkan BUKP dapat mengelola tingkat bunga dengan baik sehingga dapat bersaing di pasaran dan dapat mengelola risiko-risiko yang mungkin terjadi, baik berupa risiko likuiditas, risiko operasional, risiko strategis sehingga kinerja BUKP meningkat.

-adm-