Pengendalian dan Evaluasi Program Pembangunan Sektor Pertanian

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Pengendalian dan Evaluasi Program Pembangunan Sektor Pertanian bertempat di RM Parangtritis. Kamis (09/02/23).  

Kegiatan Pengendalian dan Evaluasi Program Pembangunan Sektor Pertanian ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Disampaikan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan monitoring ini adalah untuk memberikan edukasi tentang sistem penanaman dan pemasaran cabai kepada petani cabai di Kabupaten Bantul. Narasumber yang dihadirkan antara lain yaitu Ketua Koperasi PPHPM Kabupaten Sleman R. Inoki Azmi Purnomo. PPHPM ini bergerak di bidang pemasaran cabai dan sayuran dengan melibatkan 12 titik kumpul dengan 123 pengelola. Akses pasar lelang terdiri dari 29 pembeli lelang dan 17 pembeli pemasaran lokal. Manajemen dan system layanan digitalisasi berbasis aplikasi dengan operasional transaksi lelang menggunakan aplikasi dipanen.id. Petani cabai di Sleman merasakan dampak positif dengan adanya PPHPM ini, antara lain meningkatkan minat generasi muda untuk bertani cabai karena melihat potensi keuntungan yang lebih besar dari pada bekerja dipabrik dan petani menjadi mandiri dari ketergantungan terhadap tengkulak. Sedangkan dampak positif bagi masyarakat yaitu pasokan terjaga dan harganya wajar. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani cabai Bantul menjadi semangat dalam bertani dan Pemerintah Kabupaten Bantul diharapkan dapat mendorong adanya Pasar Lelang sehingga harga dan pasokan cabai bisa terus stabil.

 

-adm-