Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bantul Tahun 2023

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2023, bertempat di Bangsal Sasana Krida, Komplek Rumah Dinas Bupati Bantul Trirenggo, Bantul. Senin  (20/03/23). 

Rapat yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Kabupaten Bantul ini bertujuan untuk memaparkan Program Kerja TPAKD Kabupaten Bantul Tahun 2023. Ibu Dina dari OJK menyampaikan materi terkait dengan Rapat Pleno TPAKD Kabupaten Bantul Semester 1 Tahun 2023. TPAKD adalah forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Salah satu tujuan TPAKD adalah mendukung program Pemerintah dalam upaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia.

Terdapat 8 program kerja yang ditawarkan oleh TPAKD Kabupaten Bantul antara lain Peningkatan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster; Sosialisasi Penyaluran KUR; Kredit PeDe untuk UMKM; Kredit Merapi untuk UMKM; Asistensi dan Pendampingan Sertifikasi Halal; Optimalisasi Rekening SimPel; Optimalisasi Rekening SimPel iB; Digitalisasi Layanan Pembayaran Pajak dan Retribusi.

 

-adm-