Sekretaris Daerah menjadi keynote speech pada Sosialisasi dan Koordinasi Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Bantul

Sekretaris Daerah Kabupaten berkesempatan hadir untuk menjadi keynote speech pada Sosialisasi dan Koordinasi Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Bantul di Hotel Grand Rohan Jogja.


Pada kesempatan ini juga turut diundang narasumber lain dari BNPB Bapak Bintang Bagaskara Analis Pemberdayaan MasyarakatDirektorat Pengembangan Strategi PB dan Bapak Dr. Ir. Eko teguh paripurna MT. Ketua Pusat studi manajemen bencana UPN Veteran Yogyakarya.

 

Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) adalah dokumen 5 tahunan yg memuat kerangka kerja penanggulangan bencana pada tahap pra bencana, saat bencana dan pasca bencana disusun secara partisipatif berdasarkan isi kebencanaan prioritas yg ada untuk mengoptimalkan upaya pengurangan risiko bencana.

 

Bapak Sekda menyampaikan bahwa di Kabupaten Bantul memiliki banyak potensi bencana. “Maka pada kesempatan ini kita bersama narasumber ahli diskusi dan mensosialisasikan dalam upaya untuk mitigasi bencana terhadap ancaman bencana di Kabupaten Bantul.” 

 

"Kabupaten Bantul sudah mengalami beberapa pengalaman mengahadapi bencana alam, seperti gempa bumi pada tahun 2006 dan bencana alam lainnya dan terakhir berhasil melewati masa pandemi covid 19, sehingga mental kita seharusnya sudah siap."

 

"Meski demikian selalu kita himbau tetap tenang tetapi waspada dan antisipasi untuk mengurangi risiko."