WORKSHOP KUR 2022

Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Workshop KUR Tahun 2022 di Ros In Hotel. (Kamis, 17/3/22).

Workshop yang diikuti oleh peserta yang terdiri dari masyarakat dunia usaha khususnya petani tebu di Kabupaten Bantul ini  dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda. Kabupaten Bantul. Workshop ini salah satunya bertujuan sebagai sarana menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dunia usaha khususnya petani tebu dengan lembaga jasa keuangan dan Pemerintah Kabupaten Bantul dan sebagai sarana terjalinnya kesepakatan pembiayaan KUR kepada masyarakat dunia usaha khususnya petani tebu. 

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari PT. Bank Negara Indonesia, Tbk KC Bantul dan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) DIY. Dalam workshop tersebut disampaikan bahwa jangka waktu maksimal pembayaran adalah 18 bulan dan jika sudah lunas diperbolehkan untuk melakukan pinjaman lagi. Selain itu harus ada rekomendasi dari koperasi terkait dengan pinjaman baru dan selama ruang masih ada terkait dengan jumlah pinjaman dan luasan yang digarap petani. Selama ini untuk kuota pembiayaan KUR berdasarkan MoU, realisasinya masih kecil mengingat MoUnya sebesar 25 miliar. Sebagai salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman KUR adalah Surat Keterangan Usaha Petani yang diterbitkan oleh asosiasi. 

-adm-