PROFIL BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

 

Sejarah Singkat Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Bantul

  1. Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda kabupaten Bantul berdiri sejak Tahun 2017 berdasarkan Perda Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul
  2. Bagian Pengadaan barang dan Jasa Setda berada di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul dan berada dibawah koordinasi Asisten Perekonomian dan Pembangunan sesuai dengan Peraturan Bupati Bantul nomor 156 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul.
  3. Struktur organisasi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Bantul terdiri dari :
  • Kepala bagian
  • Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa
  • Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik
  • Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa
  • Kelompok jabatan Fungsional
  • Staf
  1. Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda kabupaten Bantul
  • Bapak Ir. Suprianto, M.Si (Tahun 2017)
  • Bapak Ari Budi Nugroho, ST, M.Sc. (Tahun 2017 s/d 2018)
  • Bapak Budi Sardjono, ST (Tahun 2018 s/d 2019)
  • Bapak Mujahid Amrudin, SIP (Tahun 2019 s/d 2022)
  • Bapak Yudo Wibowo, S.T, M.T ( Tahun 2022 s/d Tahun 2022 )
  • Bapak Yanatun Yunadiana, S.Si, M.Si ( Tahun 2022 s/d sekarang )

Alamat   : Komplek II Perkantoran Pemda Bantul, Jl. Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul Yogyakarta Kode Pos 55714

Telp.       : (0274) 2810074

Email      : bpbj@bantulkab.go.id

Website : http://www.setda.bantulkab.go.id

Instagram : bpbj.bantul

 

VISI DAN MISI

Berdasarkan Permendagri 86 Tahun 2017, Visi Misi Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah mengacu pada Visi dan Misi Kepala Daerah.

A. Visi

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

B. Misi

  1. Penguatan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, akuntabel dan menghadirkan pelayanan publik prima
  2. Pengembangan sumber daya manusia unggul, berkarakter dan berbudaya istimewa
  3. Pendayagunaan potensi lokal dengan penerapan teknologi dan penyerapan investasi berorientasi pada pertumbuhan ekonomi inklusif
  4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup, infrastruktur dan pengelolaan risiko bencana
  5. Penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara tepadu dan pencapaian Bantul sebagai kabupaten layak anak, ramah perempuan dan difabel.                          

 

KEPALA BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

YANATUN YUNADIANA, S.Si, M.Si / Pembina Tk I (IV/b)                

TUGAS

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan Daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksaaan kebijakan Daerah serta pembinaan administrasi bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa. 

FUNGSI

Dalam melaksanakan tugas, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan rencana kerja Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

2. Pengoordinasian pelaksanaan penyiapan perumusan kebijakan Daerah di bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa;

3. Pengoordinasian pelaksanaan kebijakan bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa;

4. Penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Perangkat Daerah pada bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa;

5. Penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah pada bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa;

6. Penyiapan bahan pembinaan administrasi Perangkat Daerah pada bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik, pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa;

7. Penyelenggaraan reformasi birokrasi, sistem pengendalian internal pemerintah, hukum, organisasi, ketatalaksanaan, kearsipan dan perpustakaan serta budaya pemerintahan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

8. Pengoordinasian pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

9. Pelaksanaan ketatausahaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

10. Pengoordinasian pelaksanaan pemantauan, pengendalian, evaluasi, dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa; dan

11. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya. 

 

STRUKTUR ORGANISASI

Susunan Organisasi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa terdiri dari:

A. Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa;

                                 

Tugas

Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan pengadaan barang dan jasa; 

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas, Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan rencana kerja Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa;

2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa;

3. Pelaksanaan pengelolaan pengadaan barang/jasa pemerintah;

4. Penyiapan bahan dan pelaksanaan inventarisasi paket pengadaan barang/jasa;

5. Pelaksanaan persiapan dan pemilihan penyedia barang/jasa;

6. Penyiapan dan pengelolaan dokumen pemilihan beserta dokumen pendukung lainnya dan informasi yang dibutuhkan;

7. Penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Perangkat Daerah pada bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa;

8. Penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah pada bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa;

9. Penyiapan bahan pembinaan administrasi Perangkat Daerah bidang pengelolaan pengadaan barang dan jasa; 

10. Pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi Kelompok Substansi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa; dan

11. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

B. Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik;

                                                      

SUBKOORDINATOR

KELOMPOK SUBSTANSI PENGELOAAN LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK

Arki Yudha Arsono, S.Pi, M.M.G., M.URP / Penata Tk I ( III/d )

  

Tugas

Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan layanan pengadaan secara elektronik.

Fungsi:

Dalam melaksanakan tugas, Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan rencana kerja Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik;

2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan layanan pengadaan secara elektronik;

3. Pengelolaan seluruh sistem informasi pengadaan barang dan jasa pemerintah dan infrastrukturnya;

4. Pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik;

5. Fasilitasi pelaksanaan registrasi dan verifikasi pengguna seluruh sistem informasi pengadaan barang dan jasa;

6. Pelayanan informasi pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik;

7. Fasilitasi implementasi standarisasi layanan pengadaan secara elektronik; 

8. Pelaksanaan bimbingan teknis pendampingan, dan/atau konsultasi penggunaan seluruh sistem informasi pengadaan barang/jasa pemerintah;

9. Penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik;

10. Penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang pengelolaan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik;

11. Penyiapan bahan pembinaan administrasi Perangkat Daerah di bidang layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik;

12. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi Kelompok Substansi Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik; dan

13. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

C. Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa;

 

SUBKOORDINATOR

KELOMPOK SUBSTANSI PEMBINAAN DAN ADVOKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA

Sunarto, SST, MH / Penata ( III/c )

 

Tugas

Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, fasilitasi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa. 

Fungsi:

Dalam melaksanakan tugas, Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan rencana kerja Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa;

2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pembinaan dan advokasi pengadaan barang dan jasa; 

3. Pelaksanaan pembinaan bagi para pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah;

4. Pelaksanaan pengelolaan sumberdaya keahlian pengadaan barang/jasa;

5. Pengelolaan dan pengukuran tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ);

6. Pengelolaan dan pengukuran kinerja pengadaan barang/jasa pemerintah;

7. Penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi dengan para pemangku kepentingan;

8. Pelaksanaan analisis beban kerja Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ);

9. Pelaksanaan pembinaan personil dan pengembangan sistim insentif personil Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ);

10. Penyiapan bahan dan pelaksanaan bimbingan teknis, pendampingan, dan/atau konsultasi serta advokasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah;

11. Pelaksanaan bimbingan teknis pendampingan, dan/atau konsultasi penggunaan seluruh sistem informasi pengadaan barang/jasa pemerintah;

12. Pelaksanaan ketatausahaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

13. Fasilitasi dan pelaksanaan reformasi birokrasi, sistem pengendalian internal pemerintah, hukum, organisasi, ketatalaksanaan, dan budaya pemerintahan pada Bagian;

14. Pelaksanaan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

15. Pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;

16. Pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi Kelompok Substansi Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa; dan

17. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Profil Pejabat Struktural

 

Profil Pejabat Struktural Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul dapat di unduh disini .

 

Laporan Harta Kekayaan

 

Laporan Harta Kekayaan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Bantul.

Tahun 2021 : unduh disini .

Tahun 2022 : unduh disini .

Struktur Organisasi

 

Struktur Organisasi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul unduh disini.

 

Profil Pimpinan dan Pegawai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul

 

Profil Pimpinan dan Pegawai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul unduh disini.